PENGEMBANGAN
MEDIA PEMBELAJARAN
Mata Kuliah : Media Pembelajaran PAI
Dosen Pengajar : Dr. Siti Zulaikha, S. Ag., M. Pd
Disusun
Oleh :
Laeli Lutfiyani
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR
2016
KATA PENGANTAR
Dengan Rahmat Allah Yang Maha Kuasa penyusun
panjatkan karena berkatdan petunjuk-Nya penyusun dapat menyelesaikan makalah dengan
judul “PENGEMBANGAN MEDIA”.
Makalah ini merupakan salah satu tugas untuk
memenuhi matakuliah Strategi
dan Metode Pembelajaran. Dalam memenuhi
kebutuhan pendidikan dewasa ini Pengajar dituntut untuk mengembangkan berbagai
aspek dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya adalah media pembelajaran.
Penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan makalah, semoga dapat
meningkatkan hasil proses belajar-mengajar yang optimal . Penyusun menyadari
jika dalam menyusun makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu,
dengan hati yang terbuka kritik serta saran yang konstruktif guna kesempurnaan
makalah ini. Demikian makalah ini kami susun, mohon maaf yang sebesar- besarnya apabila ada kata-kata yang kurang
berkenan dan banyak terdapat kekurangan. Semoga bermanfaat. Aamiin
Bogor, 10 Maret 2016
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Perkembangan media
beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan pesat, sehingga pekembangan ini
mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi, yang
tidak lagi terbatas pada informasi surat kabar, audio visual, dan elektronik,
tetapi juga sumber-sumber informasi lainnya yang salah satu diantaranya melalui
jaringan internet.
Salah satu bidang yang
mendapat dampak yang cukup berarti dengan perkembangan teknologi ini adalah
bidang Pendidikan, terutama PAI. Media pembelajaran PAI adalah salah satu unsur
yang memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran PAI
sebagai salah satu sumber belajar dapat membantu guru memperkaya wawasan siswa.
Berbagai bentuk dan jenis media pembelajaran PAI yang digunakan oleh guru akan
menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi siswa.
Pemakaian media
pembelajaran PAI dalam proses belajar-mengajar dapat membangkitkan keinginan
dan minat yang baru, dan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa
pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran PAI
pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses
pembelajaran dan penyampaian pesan dan isipelajaran.
B.
Rumusan
Masalah
1. Bagaimana prosedur pengembangan media
pembelajaran?
2. Apa saja macam-macam pengembangan
media pembelajaran?
C.
Tujuan
Untuk mengetahui prosedur pengembangan media
pembelajaran , , dan macam-macam pengembangan media pembelajaran.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Prosedur pengembangan media pembelajaran
1. Perencanaan Media Pendidikan
Dalam membuat
perencanaan, kita perlu memperhatikan dan mempertimbangkan hal-hal berikut
(Arief S.Sadiman, 2005 :100) :
a
Analisis
Kebutuhan dan Karakteristik Siswa
kebutuhan adalah kesenjangan antara kemampuan, keterampilan,
dan sikap siswa yang kita inginkan dengan kemampuan, keterampilan, dan sikap
siswa yang mereka miliki sekarang.
Untuk mengetahui kemampuan, keterampilan, atau sikap yang
diinginkan siswa, dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu
i.
Dengan
melihat tuntutan kebutuhan yang ada di masyarakat
ii. Dengan melihat apa yang dirumuskan
dalam kurikulum
b
Perumusan
Kompetensi dan Indikator Hasil Belajar
Guru atau pengembang media perlu memperhatikan beberapa
ketentuan sebagai berikut (Drijend Manajemen Dikdasmen Depdiknas, 2008: 9):
i.
Setiap
KD dikembangakn sekurang-kurangnya menjadi tiga indicator
ii.
Keseluruhan
indikator memenuhi tuntutan kompetensi yang tertuang dalam kata kerja yang
digunakan dalam SK dan KD.
iii.
Indikator
yang dikembangkan harus menggambarkan hierarki kompetensi.
iv.
Rumusan
indikator sekurang-kurangnya mencakup dua aspek, yaitu : tingkat kompetensi dan
materi pembelajaran.
v.
Indikator
harus dapat mengakomodasi karakteristik mata pelajaran sehingga menggunakan
kata kerja operasional yang sesuai.
vi.
Rumusan
indikator dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator penilaian yang mencakup
ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik
c
Pengembangan
Materi Pembelajaran
Jenis-jenis materi
pembelajaran:
1) Fakta yaitu segala hal yang berwujud
kenyataan dan kebenaran.
2) Konsep yaitu segala hal yang berwujud
pengertian-pengertian baru yang bisa timbul sebagai hasil pemikiran.
3) Prinsip yaitu berupa hal-hal
utama,pokok, dan memiliki posisi terpenting.
4) Prosedur merupakan langkah-langkah
sistematis atau berurutan dalam mengerjakan suatu aktivitas dan kronologi suatu
system.
5) Sikap atau nilai merupakan hasil
belajar aspek sikap.
Prinsip-prinsip yang dijadikan dasar
dalam menemukan materi pembalajaran adalah kesesuaian (relevansi), keajegan
(konsistensi) dan kecukupan (adequacy).
d
Perumusan
alat pengukur keberhasilan
1) Identifikasi standar kompetensi dan
kompetensi dasar.
Sebelum menentukan materi pembelajaran terlebih dahulu perlu
diidentifikasi aspek-aspek keutuhan kompetensi yang harus dipelajari atau
dikuasai peserta didik.
2) Identifikasi jenis-jenis materi
pembelajaran
Materi yang dibelajarkan perlu diidentifikasi secara tepat
agar pencapaian kompetensinya dapat diukur.
e
Penulisan
Naskah
Naskah menjadi penuntun kita dalam membuat
bahan presentasi untuk media visual atau merekam suara untuk media audio dan
mengambil gambar serta merekam suara untuk media audio visual.
Berikut beberapa petunjuk yang perlu
kita ikuti bila kita menulis naskah program media audio:
1) Bahasa
2) Musik dalam program audio
3) Keterbatasan daya konsentrasi
4) Beberapa istilah yang dapat digunakan
dalam naskah
2. Produksi Media
3. Evaluasi Media Pembelajaran
Evaluasi merupakan suatu proses yang
sistematis dan berkesinambungan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis
data yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan serta penyusunan
dan penyempurnaan program/kegiatan selanjutnya.
Ada dua macam bentuk evaluasimedia
yang dikenal, yaitu
a. Evaluasi formatif
Merupakan proses yang dimaksudkan untuk mengumpulkan data
tentang efektifitas dan efisiensi bahan-bahan pembelajaran.
b. Evaluasi sumatif
Evaluasi sumatif merupakan kegiatan untuk mengumpulkan data
dalam rangka untuk menentukan apakah media yang dibuat patut digunakan dalam
situasi-situasi tertentu.
B.
Macam-macam Pengembangan Media
Pembelajaran Mutakhir
a.
Multimedia
projector
Multimedia projector adalah sebuah
alat proyeksi yang mampu menampilkan unsure-unsur media seperti gambar, teks,
video, animasi, video baik secara terpisah maupun gabungan diantara
unsure-unsur media tersebut dapat dikoneksikan dengan perangkat elektronika
lainnya seperti computer, video player, dan lain-lain. Yang dapat digunakan
untuk kegiatan presentasi, pembelajaran, pemutaran film, dan lain-lain
b.
Komputer
Sejalan dengan perkembangan
teknologi, komputer dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Komputer
sebagai media pembelajaran pemanfaatannya meliputi penyaji informasi, simulasi, latihan, dan permainan
belajar.
Selain
itu, metode pembelajaran juga berkembang
sehingga proses pembelajaran ini maju
terus menuju kesempurnaannya, namun secara garis besarnya, dapat dikatergorikan
menjadi dua, yaitu
i.
Computer
Based Training (CBT)
CBT merupakan proses pendidikan berbasiskan komputer, dengan memanfaatkan media computer sebagai media pendidikan (Horton, 2000). Pemanfaatan media ini bisa terdiri dari video klip, animasi, grafik, suara, multimedia dan program aplikasi yang akan digunakan oleh peserta didik dalam pendidikannya.
CBT merupakan proses pendidikan berbasiskan komputer, dengan memanfaatkan media computer sebagai media pendidikan (Horton, 2000). Pemanfaatan media ini bisa terdiri dari video klip, animasi, grafik, suara, multimedia dan program aplikasi yang akan digunakan oleh peserta didik dalam pendidikannya.
c.
E-Learning
E learning atau pembelajaran intrenet
Web Based training (WBT)
Web-based training (WBT) atau
e-learning, dalam metode ini memanfaatkan jaringan Internet, sehingga seorang
yang akan belajar bisa mengakses materi pelajarannya dimanapun dan kapanpun,
selagi terhubung dengan jaringan Internet (Rossett, 2002).
BAB III
KESIMPULAN
·
Prosedur pengembangan media pembelajaran
1.
Perencanaan
Media Pendidikan
a.
Analisis
Kebutuhan dan Karakteristik Siswa
b.
Perumusan
Kompetensi dan Indikator Hasil Belajar
c.
Pengembangan
Materi Pembelajaran
d.
Perumusan
alat pengukur keberhasilan
e.
Penulisan
Naskah
2.
Produksi
Media
3.
Evaluasi
Media Pembelajaran
DAFTAR
PUSTAKA
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja
Grafindo Persada.
Asnawir dan M.
Basyiruddin Usman. 2002. Media
Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Danim, Sudarwan.1995. Media Komunikasi pendidikan: Pelayanan
Profesional Pembelajaran dan Mutu Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono.
1999. Belajar dan Pembelajaran.
Jakarta : Depdikbud bekerjasama dengan Rineke Cipta .
Djamarah, Syaiful B
dan Zain, Aswan.2002. Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik , Oemar.
1986. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.
Heinich, R., et. al.
1996. Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey:
Prentice Hall, Englewood Cliffs.
Oetomo, B.S.D. dan
Priyogutomo, Jarot. Kajian Terhadap Model e-Media dalam Pengembangan
Sisstem e-Education, Makalah Seminar Nasional Informaika 2004 di
Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta pada 21 Pebruari 2004.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar